Sejarah 42 Tahun Pertama Kali Barca Pesta Gol di Madrid

Cmibet.com – Publik Santiago Bernabeu seakan dibuat tercengang dalam pertandingan El Clasico 1974, saat Madrid harus menelan kekalahan 0-5 dari sang rival abadi, Barca.Empat dua tahun lalu, Barca mencatatkan hasil yang tidak akan pernah dilupakan.

Barca didikan Rinus Michels serta dipimpin Johan Cruyff buat Madrid tidak mampu berbuat banyak.Saat itu, performa tim Barca memang luar biasa. Raksasa Catalan tersebut mencatatkan 26 laga tidak terkalahkan bersama Michels.

Namun pesta gol di Bernabeu benar-benar menjadikan musim Barcelona sempurna. Selepas awal musim yang buruk, hadirnya Cruyff serta dilengkapi oleh kemenangan lima gol tanpa balas buat Barca semakin tidak terbendung.

Barcelona membuka keunggulan lewat aksi Marcial serta Sotil. Gol kedua Barca dicetak oleh Cruyff lewat aksi individu menipu dua pesepakbola belakang Madrid. Menjadikan skor jadi 2-0 hingga turun minum.

Di paruh kedua Barca sukses menambah tiga gol lewat aksi individu Sensi, sepakan indah Juan Carlo dari ujung kotak penalti, serta tandukan Sotil menerima sepakan bebas Cruyff.

Kekalahan telak di Bernabeu tak lalu enteng dilupakan oleh pesepakbola tuan rumah. Satu per satu pesepakbola Madrid terlihat jengkel di atas lapangan malahan hampir menitikan air mata. Siulan di Bernabeu pun terdengar terang.

“Itu ialah salah satu memori terbaik aku. Ketika laga selesai, mereka tampak ingin menangis. Mereka dapat aku nangis dengan kencang jika mereka mau,” kata salah satu pesepakbola Barca ketika itu, Joaquim Rife, pada Marca.

Pertandingan ini jadi titik balik Barca untuk merebut gelar jawara Liga Spanyol untuk pertama kalinya semenjak 1959-60. Hadirnya Cruyff buktinya krusial karena mencetak 16 gol di musim debutnya.

 

Related posts