Piala Eropa Kelar, UEFA Siap Bayar Kompensasi ke Klub

Cmibet.com – Federasi sepakbola Eropa, UEFA bakal segera memberikan dana kompensasi kepada 659 klub. Dana ini untuk “membayar” ketersediaan klub untuk mengizinkan pemainnya memperkuat negara masing-masing di Piala Eropa 2016, dilansir situs resmi UEFA.

Dana sekitar €150 juta atau sekitar Rp2,2 triliun siap didistribusikan UEFA kepada klub-klub yang tergabung dengan Europe Club Association (ECA). Memorandum of Understanding (MoU) antara UEFA serta ECA seoal pembayaran benefit klub ini diumumkan pada tahun 2015 lalu.

Berdasarkan mekanisme pendistribusian yang telah meraih izin dari Executive Committee, €100 juta bakal diberikan kepada klub-klub yang pemainnya mencapai putaran final Piala eropa. Sementara €50 juta, siap diberikan kepada klub-klub yang pemainnya berpartisipasi di tahap kualifikasi, walau negara mereka tidak lolos ke Piala Eropa 2016.

Direktur Ajang UEFA, Giorgio Marchetti, berujar “Klub-klub Eropa adalah bagian penting dari ajang Piala Eropa. Sebagai bagian dari nota kesepahaman kami dengan ECA, pendapatan selama Piala Eropa bakal didistribusikan ke klub yang pemainnya berpartisipasi di Piala Eropa,” katanya.

“Ini ialah jumlah yang besar, di mana kami membayarkan kompensasi ke lebih dari 600 klub. Uang ini tentu bakal sangat membantu perkembangan sepakbola di seluruh dunia,” ujar Marchetti.

Selepas mengumunkan ini, dalam waktu dekat UEFA bakal segera memberi informasi keterangan soal berapa total dana yang diterima masing-masing klub. Di keanggotaan ECA, Jerman mempunyai klub anggota terbanyak, dengan 11 klub (Bayern Munchen, Schalke 04, Borussia Dortmund, VfB Stuttgart, Bayer Leverkusen, Borussia Moenchengladbach, Eintracht Frankfurt, Hannover 96, Hamburg SV serta Wolfsburg).

Related posts