Liga Skotlandia ‘Pede’ Mau Gabung liga Inggris

Cmibet.com – Kepala Federasi Sepakbola Skotlandia atau Scottish Professional Football League (SPFL), Neil Doncaster, memaparkan hasratnya untuk membawa liga di negaranya meramaikan liga Inggris.

Doncaster merasa kapasitas sepakbola Skotlandia layak untuk dapat bersaing dengan tim-tim liga Inggris. Maka, cross-border competition atau ajang lintas batas, bukan hal aneh untuk diterapkan.

“Tidak ada yang tahu, karena kita tak mempunyai bola kristal, namun ada kemauan untuk merangkul konsep sepakbola lintas batas,” ujar Neil, dilansir The Sun.

“Ada pandangan positif untuk ajang lintas batas lebih imbuh, termasuk di tingkat liga di seluruh Eropa serta kami berada pada posisi yang baik, selepas ajang ini berjalan,” katanya.

Lebih jauh, Neil juga mempunyai rencana untuk kedepannya liga Inggris juga diikuti oleh negara lainnya Skotlandia, yang masih berada dalam lingkup Britania, sebagaimana Irlandia serta Wales. Ia yakin UEFA, sebagai Federasi Sepakbola Eropa, bakal mengabulkan kemauannya ini.

“Dan aku pikir bahwa persaingan lintas batas masa depan bakal sama-sama meningkatkan serta menguntungkan permainan sepakbola di seluruh Britania. Kita harus berpikiran terbuka tentang masa depan,” paparnya.
liga Inggris memang tak semua klub pesertanya berasa dari Inggris. Misalnya Swansea City, tim ini berasa dari Wales.

Ketika Swansea City dibentuk, tak ada liga profesional di Wales. Maka mereka bergabung dengan ajang terdekat yakni liga Inggris pada tahun 1914, serta tentunya atas persetujuan dari FA.

Ketika Wales membentuk Liga Profesional tahun 1992, Swansea City telah menjadi bagian dari liga Inggris. Tentunya mereka mempunyai pilihan untuk bergabung dengan Welsh Premier Football League, tapi mereka memutuskan untuk bertahan di liga Inggris.

Sejatinya bukan hanya Swansea City, tim asal Wales lainnya yang bermain di English football league system ialah Wrexham FC serta The Bluebirds.

Diluar Inggris, banyak tim yang bermain di ajang negara lain, sebagaimana AS Monaco dari Monaco, bermain di Liga Prancis. Wellington Phoenix FC dari Selandia Baru, bermain di A-League Australia, Montreal Impact dari Kanada, bermain di MLS Amerika Serikat serta FC Vaduz dari Liechtenstein, bermain di Liga Swiss.

Related posts