FIFA Setuju Jumlah Peserta Piala Dunia Bertambah

Cmibet.com – Rapat FIFA sudah memutuskan untuk menyetujui penambahan jumlah peserta Piala Dunia 2026 menjadi 48 tim. Wacana menambahan peserta Piala Dunia ini sudah dihembuskan oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino, semenjak dua tahun lalu.

Dikutip dari Soccerway, kedepannya format 48 tim bakal dibagi dalam 16 grup yang setiap kelompok bakal terdiri dari 3 tim. Selanjutnya dua tim teratas atau 32 tim bakal lolos ke fase knock-out.

Usulan dari Infantino tersebut meraih dukungan dari sejumlah pejabat ketika rapat Dewan FIFA, Hari Selasa 10 Januari 2017. Salah satunya dari Presiden Federasi Sepakbola Nigeria, Amaju Pinnick.

Pinnick berujar, masyarakat Afrika sangat menyambut baik usulan Infantino tersebut. Di mana kedepannya kesempatan mereka bermain di Piala Dunia semakin terbuka.

Lngenda Argentina, Diego Maradona, serta pesepakbola Spanyol, Carles Puyol, juga memberikan dukungan atas usulan tersebut. Selanjutnya Pelatih MU, Mourinho, berujar, format baru tersebut cukup bagus untuk pesepakbola.

Sedangkan itu, Presiden Federasi Sepakbola Jerman (DFB), Reinhard Grindel, menyatakan keprihatinannya. Perihal yang sama juga dibeberkan oleh Ketua Asosiasi Sepakbola Inggris (FA), Martin Glenn.

Klub Asosiasi di Eropa juga menentang kebijakan tersebut.
“Untuk kepentingan suporter serta pesepakbola, kami mendesak FIFA untuk tak menambah jumlah peserta Piala Dunia. Politik serta ekonomi tak semestinya menjadi prioritas utama di sepakbola,” ujar Ketua Asosiasi Klub Eropa, Karl-Heinz Rummenigge.

Related posts