Chelsea Melesat, Siapa Dapat Menghadang?

Cmibet.com – Liga Inggris telah memasuki pekan ke-25, dengan The Blues masih kokoh di puncak klasemen. Skuad Antonio Conte mampu tampil konsisten serta mampu menjaga jarak dari kejaran para pesaing utamanya.

Dalam pertandingan terakhirnya, The Blues memang hanya mampu bermain imbang 1-1 kontra Burnley. The Blues gagal mempertahankan keunggulan cepat lewat gol Pedro Rodriguez, selepas sepakan bebas Robbie Brady menggagalkan kemenangan skuad London Barat.

Hasil imbang ini sejatinya tidak menjadikan posisi Eden Hazard cs tergeser. Malahan, The Blues masih unggul poin cukup jauh dengan para rivalnya. Walau demikian, Conte memperlihatkan kekecewaannya setelah hasil seri ini.

“Kami tentu kecewa dengan hasil ini, karena aku pikir laga semestinya dapat kami menangkan. Memang sedikit sukar, namun kami mengawali laga dengan baik serta dapat menciptakan kesempatan untuk mencetak gol,” kata Conte dilansir Chelseafc.com.

Kekecewaan Conte cukup beralasan. Pasalnya, pesaing terdekatnya, Spurs menelan kekalahan dari kompetitor lainnya, The Reds. Kekalahan 0-2 yang ditelan Spurs dari The Reds, menjadikan selisih poin The Lilywhites dengan The Blues menjadi 10 poin.

Sejatinya jika The Blues mampu menang, selisihnya dapat menjadi 12 poin. The Blues kini masih ada di puncak klasemen dengan perolehan 60 poin. Selisih 10 poin The Blues tidak hanya dengan Spurs, namun juga sama dengan tim kota London lainnya, The Gunners.

Perang Belum Usai
Walau telah unggul cukup jauh, mantan manager Juventus serta Timnas Italia ini masih ogah kehilangan fokusnya. Conte memaparkan bila enam tim lainnya termasuk The Blues, Spurs, The Reds, The Gunners, ManCity serta MU, masih mempunyai peluang besar untuk merengkuh gelar jawara.

Wajar saja, pasalnya masih ada 13 laga sisa menuju akhir musim. Conte percaya, segala sesuatu masih dapat terjadi sebelum musim selepas. Oleh pasalnya itu, Conte memilih untuk tetap fokus mempertahankan konsistensi permainan timnya.

“Itu normal. Masih ada 13 laga lagi sebelum (musim ini) berakhir. Bila seseorang berpikir liga ini telah selesai, aku katakan kepada Anda, belum. Masih ada enam tim bagi aku, yang dapat memenangkan liga serta apapun dapat terjadi. Kami harus melanjutkan pekerjaan di jalur (kemenangan) ini,” kata Conte dilansir Tribune.

“Saya gembira dengan komitmen (para pemain) serta itu ialah syarat sebuah kemenangan. Anda hanya dapat mengambil satu poin (lawan Burnley), namun aku yakin dengan komitmen ini. Kami hanya memikirkan diri kami sendiri, tak dengan tim lain. Sangat penting untuk memainkan laga Anda, untuk berpikir soal laga, serta Anda memikirkan alhasil,” paparnya.

Jebakan Mourinho

Meniti jalan menuju gelar jawara liga Inggris memang bukan hal enteng. Sering selalu saja ada aral melintang, bukan hanya dari dalam lapangan namun juga berbagai gelombang kritik.

Perihal ini juga yang tengah dirasakan oleh Conte. Walau telah mampu membawa The Blues tampil konsisten dalam separuh musim pertama, tetap saja ada sindiran yang datang kepadanya.

Perubahan taktik yang dilakukan Conte dengan menerapkan skema 3-5-2, mengundang mantan Pelatih Chelsea, Mourinho, untuk menebar perang urat syaraf.

Jose Mourinho yang kini menukangu MU, mengatakan taktik yang diterapkan Conte terlalu defensif. Dengan ujar lain, Jose Mourinho juga mengatakan The Blues memainkan gaya negatif football.

“Chelsea tim yang sangat defensif. Mereka bertahan dengan sangat bagus serta melakukan serangan balik. Bagi aku tim sebagaimana itu yang bakal memenangkan gelar,” ujar Jose Mourinho dikutip Team Talk.

Mendengar kritik Jose Mourinho, Conte seakan tidak peduli. Pelatih asal Italia ini ogah menanggapi sindiran kompetitornya. Dengan papar Conte berujar dia tidak ingin membalas komentar apapun dari Pelatih lain.

“Saya tak ingin membalas komentar manager lain,” kata Conte

Related posts